Yuk Intip Rumah Botol Unik dan Kreatif Karya Ridwan Kamil Ini!

Rumah Botol Milik Ridwan Kamil – Rumah botol yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat ini memang menarik banyak perhatian. Pasalnya, rumah botol ini dirancang oleh orang nomor satu di Jabar adalah Ridwan kamil. Seperti apa rumah botol milik Ridwan Kamil tersebut? Yuk kita simak di bawah ini!


Seperti yang kita tahu bahwa sebelum menjabat sebagai seorang wali kota Bandung, ia merupakan seorang lulusan teknik arsitektur berskala internasional. Beliau menempuh teknik arsitektur di Institut Teknologi Banding dan juga Universitas California, Berkeley. Tidak heran jikalau karya arsitekturnya selalu menjadi perhatian publik. Bukti kasatmata karya Ridwan Kamil yang banyak menarik perhatian orang adalah rumah pribadinya sendiri dimana telah dianugerahi Green Design Award oleh Building Construction Indonesia (BCI).


Rumah pribadinya tersebut populer dengan nama rumah botol. Hal ini dikarenakan sesuai dengan namanya dimana rumah ini memakai materi botol sebagai salah satu material dalam menciptakan rumah ini. Rumah botol ini tentunya memakai botol beling bekas minuman berenergi. Tidak hanya itu, rumah botol ini juga menjadi salah satu ide bagi mereka yang ingin mendesain rumah mereka dengan memanfaatkan benda-benda bekas di lingkungan rumah.


Rumah yang menyita perhatian ini memang terbilang cukup unik dan beda dari yang lainnya. Rumah botol ini lebih tepatnya berada di Jalan Cigadung Selatan 7/28 Bandung. Diketahui ide awal terancangnya rumah ini adalah dari sang pemilik yang melihat sampah botol beling yang awut-awutan sehingga timbulnya harapan untuk menciptakan rumah dari botol beling bekas ini. Lantas, apa keunikan dari rumah botol ini? Yuk kita simak saja beberapa keunikan rumah botol milik Ridwan Kamil berikut ini!


Terbuat Dari 30.000 Botol Kaca Bekas


 Jawa Barat ini memang menarik banyak perhatian Yuk Intip Rumah Botol Unik dan Kreatif Karya Ridwan Kamil Ini!


Rumah unik karya Ridwan Kamil ini ternyata terbuat dari sekitar 30.000 botol bekas. Rumah yang dibangun di atas lahan kurang lebih 373 meter persegi ini membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk proses pembuatannya. Dalam mengumpulkan botol bekasnya saja, Ridwan kamil ternyata menghabiskan waktu sekitar enam bulan sampai terkumpul seluruhnya. Rumah mantan dosen Teknik Arsitektur di ITB ini dibangun pada tahun 2005.


Dalam meletakkan botol beling ini, pemilik memberi jarak sekitar 80cm. Di sela-sela botol ini diisi dengan lem kaca. Cara untuk menghindari adanya air yang masuk ke dalam botol, maka botol tersebut ditutup dengan memakai kayu yang kemudian dilem. Meskipun terlihat sangat rumit dalam pembuatan dan juga perawatannya, namun Kang Emil melaksanakan perawatan untuk membersihkan botol tersebut dengan hanya dilap dan juga disemprot dengan memakai air biasa setiap tiga bulan sekali. Maka, botol beling tersebut akan terlihat tetap higienis dan juga kinclong.


Pancaran Cahaya Yang Menakjubkan


 Jawa Barat ini memang menarik banyak perhatian Yuk Intip Rumah Botol Unik dan Kreatif Karya Ridwan Kamil Ini!


Rumah botol karya Ridwan kamil juga tentunya menjadi salah satu model rumah yang nyaman dan juga yummy untuk dipandang. Dikarenakan  cahaya yang masuk melalui pancaran cahaya dari botol berpotensi menciptakan ruangan menjadi panas. Maka, Kang Emil mensiasatinya dengan meletakkan panel beling yang berjarak 60 cm dari dinding botol beling bekas tersebut. Hasilnya maka hawa panas yang terperangkap di botol beling tersebut tidak masuk ke dalam rumah dan menciptakan suhu di dalam rumah tetap dingin. Beberapa panel beling tersebut tentunya mempunyai fungsi menyerupai jendela sehingga membuka pedoman udara segar biar masuk ke dalam  rumah.


Green Design


 Jawa Barat ini memang menarik banyak perhatian Yuk Intip Rumah Botol Unik dan Kreatif Karya Ridwan Kamil Ini!


Dalam merancang rumah botolnya ini, Kang Emil memakai konsep Green Design. Hal ini terbukti dari dipilihnya botol beling bekas menjadi salah satu material pembuatan rumah tersebut. Menurutnya, rumah dengan konsep ini sangat ramah lingkungan sebab memakai barang bekas yang mungkin hanya akan menjadi tumpukan sampah jikalau tidak dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.


Green Design rumah botol ini diperkuat dengan terdapatnya sebuah taman terbuka sebagai pembatas dua area di rumah tersebut. Taman terbuka ini tentunya akan mengalirkan banyak udara dan juga cahaya ke dalam rumah. Tidak heran jikalau AC dan juga lampu sangat jarang dipakai di rumah botol ini.


Siapapun Bisa Tinggal Di Rumah Ini


 Jawa Barat ini memang menarik banyak perhatian Yuk Intip Rumah Botol Unik dan Kreatif Karya Ridwan Kamil Ini!


Siapa sangka ternyata rumah botol ini sanggup ditempati oleh siapa saja, termasuk Anda. Mungkin orang Bandung sudah mengetahui bahwa rumah botol ini sudah jarang ditempati oleh Ridwan Kamil semejak ia menjabat sebagai Walikota Bandung. Maka, ia menawarkan kesempatan kepada siapa saja untuk menyewa rumah tersebut.


Bagi Anda yang ingin menyewa rumah botol milik Ridwan Kamil ini, maka tentu Anda akan menikmati beberapa akomodasi yang ada di dalamnya menyerupai kolam renang, kolam mandi air panas, dan juga akomodasi ruangan lainnya. Harga yang ditawarkan untuk menyewa rumah botol ini adalah sekitar 3,5 juta per harinya dengan syarat penyewa dihentikan membawa barang peliharaan dan juga harus ramah terhadap tetangga di sekitarnya.


Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk menyewa rumah botol milik Ridwan Kamil yang ramah lingkungan ini? Memang terbilang tidak mengecewakan mahal, namun siapa tahu kita mendapat ide dari rumah botol ini adalah dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang cukup gampang kita temukan. Itulah beberapa keunikan rumah botol milik Ridwan Kamil yang harus Anda tahu. Semoga bermanfaat!


 


 


Yuk Intip Rumah Botol Unik dan Kreatif Karya Ridwan Kamil Ini! Yuk Intip Rumah Botol Unik dan Kreatif Karya Ridwan Kamil Ini! Reviewed by Admin on September 07, 2019 Rating: 5
Powered by Blogger.